Mengenal Tentang Tanaman Variegata

Mengenal Tentang Tanaman Variegata
Mengenal Tentang Tanaman Variegata (source: Google Imange)
Mengenal Tentang Tanaman Variegata - Setelah beberapa postingan yang lalu saya selalu membahas tentang tanaman Variegata. Mulai dari Sirih Gading, Sansivieria Twister dan Palem Warigu yang semuanya Variegata. Mungkin saya perlu juga menambahkan informasi mengenai apa sih variegata itu. Kenapa variegata menjadi mahal harganya? Itu sebenarnya penyakit kan? Penyakit kok disenangi? Ya begitulah kira-kira bagi yang belum mengerti variegata. Untuk itu mari kita mengenal lebih dalam mengenai definisi variegata.

Saya pribadi memandang variegata sebagai bentuk "Shiny" dari sebuah tanaman. Jika kita menonton serial animasi Pokemon, kita akan tau perbedaan antara pokemon biasa dan Pokemon Shiny. Saya menyebutkan Shiny juga karena warnanya yang cerah dan lain dari tanaman sejenisnya. Saya menyukai jenis variegata karena memiliki warna kuning yang soft sehingga menjadi koleksi yang unik. Kalau menurut pandangan ilmiah, variegata merupakan sebuah mutasi genetik pada sel-sel tanaman yang terjadi secara alami namun dengan kemungkinan terjadinya 1 : 1000.000 (horteens.wordpress.com). Artinya mutasi terjadi satu kali dalam 1.000.000 kali kemungkinan. Kemungkinan ini sangat kecil dan sangat jarang. Kelangkaan ini yang menyebabkan harga variegata menjadi jauh lebih mahal daripada jenis biasa. 

Sanseviera Variegata
Sanseviera Variegata (source: Google Imange)
Dikutip dari horteens.wordpress.com, mutasi variegata muncul diakibatkan oleh perubahan kecil gen warna di dalam sel yang kemudian sel ini (sel variegata) dapat berkembang dan semakin banyak. Di sisi lain sel sehat juga (sel non variegata) berkembang dan menyebabkan terdapat dua warna yang akan muncul pada daun. Hal inilah yang menyebabkan daun memiliki corak variegata. Namun dalam beberapa kasus, variegata juga dipengaruhi oleh lingkungan tumbuhnya. Tak jarang warna variegata kurang dominan bahkan hilang karena lingkungan tumbuhnya yang tidak cocok. Berdasarkan pengalaman saya, warna variegata dapat hilang jika tanaman tersebut sangat subur atau kurang sinar matahari. 

Variegata juga dapat dibuat secara buatan menggunakan keahlian manusia. Walaupun demikian, tanaman variegata akan tetap memiliki kelas dan harga tersendiri karena tidak semua orang dapat melakukannya. Hal yang mungkin menyebabkan harga variegata menjadi turun adalah kemudahannya dalam berkembang biak. Walaupun berbeda dari segi warna, tanaman variegata tetap memiliki kemampuan berkembang biak yang sama dengan tanaman sejenisnya yang non variegata. Hal lain yang menyebabkan harga variegata menjadi lebih murah karena memang bentuk, kegunaan dan keindahannya kurang terlihat. (Ananta, 2017)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »